Perbandingan Kemampuan Kognitif Dalam Pemahaman Pembelajaran Penjasorkes Antara Siswa IPA Dan siswa IPS Kelas X Di SMA Negeri 1 Peukan Bada Aceh Besar

Imam Purkana

Abstract


Kognitif adalah suatu proses berpikir, yaitu kemampuan individu untuk menghubungkan, menilai, dan mempertimbangkan suatu kejadian atau peristiwa. Jadi proses kognitif berhubungan dengan tingkat kecerdasan (intelegensi) yang menandai seseorang dengan berbagai minat terutama sekali ditujukan kepada ide-ide belajar. Penelitian yang berjudul Perbandingan Kemampuan Kognitif Dalam Pemahaman Pembelajaran Penjasorkes Antara Siswa IPA Dan siswa IPS Kelas X Di SMA Negeri 1 Peukan Bada Aceh Besar Tahun Pelajaran 2013/2014 beranjak dari rumusan masalah perbedaan kemampuan kognitif siswa IPA dan siswa IPS Kelas X dalam memahami materi pelajaran Penjasorkes pada pokok bahasan materi umum. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan kognitif siswa IPA dengan siswa IPS Kelas X di SMA Negeri 1 Peukan Bada Aceh Besar. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif Kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa IPA dan siswa IPS Kelas X SMA Negeri 1 Peukan Bada Aceh Besar kelas X IPA dan X IPS yang berjumlah 129 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumalah 58 siswa atau 22,5% dari populasi, 29 siswa IPA Kelas X dan 29 siswa IPS Kelas X. Tehnik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah Tes Angket yang terdiri dari 20 butir tes pertanyaan yang sesuai dengan SK dan KD semester Genap kelas dua. Pengolahan data menggunakan uji (t). Hasil penelitian diketahui nilai rata-rata Kognitif siswa IPA kelas X yaitu 76 dengan Standar Deviasi 108,83. Nilai rata-rata kognitif siswa IPS kelas X yaitu 66 dengan Standar Deviasi 13,8. Nilai dari (t) tabel (4,87 < - 2,00). Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data, maka dapat di ambil kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan kemampuan kognitif antara siswa IPA dengan siswa IPS kelas X SMA Negeri 1 Peukan Bada Aceh Besar dalam memahami pelajaran Penjasorkes.

 

Kata Kunci : Perbandingan Kemampuan Kognitif siswa IPA Dan IPS kelas X


Full Text:

PDF

References


Amir, Nyak. 2006. Pembelajaran Pendidikan Jasmani; Konsep dan Praktik, Syiah Kuala University Press, Darussalam Banda Aceh.

Alisuf Sabri, M. (1999:40). Psikologi Pendidikan (Berdasarkan Kurikulum Nasional IAIN Fakultas Tarbiyah). Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya.

Arikunto, Suharsimi. (2002:25). Penelitian Deskriptif. Jakarta: Bumi Aksara

Arikunto, Suharsimi. (2009). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Chaplin, J.P (2002). Kamus Psikologi. Jakarta: Raja Grafindo Perseda.

Depdiknas. 2005. Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta:Depdiknas

Djanah, (2002:102). Metode Dalam Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Perseda.

Enok Maryani. http://www.google.com/ Enok Maryani Tanggal Unduh 06-Maret-2013

Http://www.google.com/Anggraeni, D. 2011:3 Tanggal Unduh 15-April- 2014

Http://ningningocha.wordpress.com/10/06/2011/faktor-faktor-yang- mempengaruhi-belajar-dan-pembelajaran/

Http//duwiconsultant.blogspot.com/2011/12/tabel-t.html

Hamalik, Oemar, 2003. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Mulyasa, Dr. E., M.Pd., Implementasi Kurikulum 2004 Panduan Pemelajaran KBK, Rosada, Bandung, 2006.

Purwanto, M. Ngalim. 2007. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosakarya.

Roestiya, (2001:11). Metode Dalam Pembelajaran. Jakarta: Bulan Bintang.

Sugiyono, (2001 : 1). Rancangan penelitian: Jakarta: Raja Grafindo Perseda.

Sanajaya, Wina. 2006. Stategi Pembelajaran Berorientasi Standar Pendidikan. Bandung: Prenanda Media Group.

Sardjiyo, (2011:3). Perkembangan Pendidikan. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya.

Sudjana, Nana. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Slavin, R.E (1994). Educational Psycology. Boston: Allyn & Bacon.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2005. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung:PT Remaja Rosdakarya offset

Syah, M. 2003. Psikologi Belajar. Semarang: Laboratarium Komputer Pasca Sarjana UNNES.

Sapriya, (2002:15). Perkembangan Dalam Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Perseda.

Umar, Husaini dan Purnomo Setiady Akbar. (2009). Metodelogi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.

Wirawan, Sarlito. (2000). Pengantar Umum Psikologi. Jakarta: Bulan Bintang.

Yusuf. (2002). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosda Karya.


Article Metrics

Abstract views: 176   PDF views: 67