MODEL LATIHAN SERANAGAN TAEKWONDO UNTUK ATLET YUNIOR USIA SMA

Ziko Fajar Ramadhan, Iman Sulaiman, Hidayat Humaid

Abstract


Abstrak

Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan produk model latihan serangantaekwondo untuk atlet yunior usia SMA. Penelitian dan pengembangan ini dilakukan untuk dapat memperoleh informasi tentang pengembangan dan penerapan model latihan serangantaekwondo untuk atlet yunior usia SMA serta untuk mengetahui efektivitas model yang dihasilkan. Penelitian ini menggunakan metode Research & Development (R&D) dari Borg and Gall. Subyek dalam penelitian ini adalah atlet yunior usia SMA yang terdiri dari 40 atlet. Tahapan-tahapan dalam penelitian ini adalah : analisis kebutuhan, evaluasi ahli (evaluasi produk awal), ujicoba kelompok kecil, dan ujicoba kelompok besar (field testing). Uji efektivitas model menggunakan tes serangan taekwondo yang digunakan untuk mengetahui tingkat kemampuan seranganatlet sebelum dan sesudah pemberian perlakuan model latihan serangan yang dikembangkan. Tes awal yang dilakukan diperoleh tingkat kemampuan serangan atlet adalah 15.05.Setelah diberikan perlakuan model latihan serangan didapatkan tingkat kemampuan serangan 21.47.Pada uji signifikan perbedaan dengan spss 16 didapatkan mean= -6.425 menunjukan selisih dari hasil pre-test dan hasil post-test, hasil t-hitung= -46.506 df=39 dan p-value= 0.00 < 0.05 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah diberikan perlakuan model latihan serangan taekwondo. Dengan demikian  model latihan serangan taekwondo untuk atlet yunior usia SMA efektif untuk meningkatkan kemampuan seragan taekwondo.

 

Kata Kunci : model, latihan, taekwondo, serangan

 

Abstract

The aim of this research and development is to products model taekwondo attack for yunior at senior high school age. Research and development is carried out in order to obtain information about the development and application of models for yunior taekwondo attack at senior high school age as well as to determine the effectiveness of the resulting model. This study uses Research & Development (R & D) from Borg and Gall. The subjects in this study were senior high school students who follow football extracurricular consisting of 40 atlet. The stages of this research are: analysis of needs, the expert evaluation (initial product evaluation), testing of small groups, and testing large groups (field testing). The test of effectiveness of the model using taekwondo attack skills test to determine the level of attack skills of atlet before and after treatment models developed attack. Pretest were conducted obtained the attack skills of atlet is 15.05. After being given treatment models obtained attack, attack ability levels of atlet 21.47. In the significant difference test with SPSS 16 obtained mean = -6.425  shows the difference from the pre-test and post-test results, results of t-test = -46.506 df = 39 and p-value = 0.00 < 0.05 which means that there are significant differences between before and after treatment models taekwondo atackt. With this model of taekwondo attack for yunior at senior high school age effective to improve taekwondo attack skills to novice senior high school age.

 

Keywords: models, exercise, taekwondo, attack

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Hamid Darmadi, 2011. Metodologi Penelitian Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

James Tangkudung. 2016. Macam-macam Metodologi Penelitian Uraian dan Contohnya .Jakarta:Lensa Media Pustaka

I Made Tegeh, I Nyoman Jampel, Ketut Pudjawan, 2014. Model Penelitian Pengembangan .Yugyakarta: Graha Ilmu

Kulkami, P.P. 2013 A literature review of training &development and quality of work life. Journal of arts, sicence & commerce, iv (2).

Gugun Arief Gunawan. 2007. Beladiri, Penyunting Fauzul Akbar Muhammad – Yogyakarta: Insan Madani

Master Yong Sup Kil, 2006. Competitive taekwondo, Human Kinetics

John W. Santrock. 2008. Psikologo Pendidikan Jakarta: Kencana Prenada Media


Article Metrics

Abstract views: 15   PDF views: 21