PERSEPSI SISWA SMA NEGERI 1 TAKENGON PADA PEMBELAJARAN ATLETIK NOMOR LEMPAR LEMBING

Zikrur Rahmat

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Untuk mengetahui Persepsi Siswa SMA Negeri 1 Takengon pada Olah Raga Atletik nomor Lempar Lembing Tahun Pelajaran 2017”. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Takengon Tahun Pelajaran 2016/2017  yang berjumlah 259 orang. Sedangkan pengambilan sampel dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata populasi, dengan jumlah sampel sebanyak 25 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan teknik statistik deskriptif, diperoleh Hasil penelitian yang telah dilakukan dengan pembagian angket kepada siswa membuktikan bahwa secara umum 77% siswa sangat setuju pembelajaran lempar lembing sangat berguna dalam kehidupan sehari - hari. Hal ini dibuktikan dengan jawaban siswa yang dominan dari mereka 77% memberikan jawaban yang sangat setuju terhadap pertanyaan yang diberikan oleh peneliti. Pembelajran lempar lembing mudah di pahami, ini terbukti 92 siswa menjawab sangat setuju. Disarankan kepada seluruh Guru Pendidikan Jasmani di SMA Negeri 1 Takengon diharapkan dapat menyusun dan melengkapi administrasi yang terdiri dari silabus, RPP tentang atletik khususnya lempar lembing dengan lebih baik lagi dan juga lebih meningkatkan lagi kedisiplinan, serta lebih bertanggungjawab terhadap beban yang diberikan kepadanya agar ke depan kinerjanya lebih meningkat lagi agar siswa dalam mengikuti pembelajaran lempar lembing lebih bersemangat dan merasa senang.

 

Kata Kunci : persepsi, pembelajaran lempar lembing

 

Abstract

The purpose of this study was to find out to find out students' perceptions of Takengon 1 State High School on Athletic Sports in Javelin Year 2017 Academic Year. This research uses quantitative descriptive research. The population in this study is students of SMA Negeri 1 Takengon 2016/2017 Academic Year totaling 259 people. While the sampling was done randomly without regard to the population strata, with a sample of 25 people. Data collection is done by questionnaire method. Furthermore, the data were analyzed using descriptive statistical techniques, obtained the results of research that has been done by distributing questionnaires to students proving that in general 77% of students strongly agree that javelin learning is very useful in everyday life. This is evidenced by the answers of the dominant students from 77% who gave answers that strongly agreed to the questions given by the researchers. Javelin throwing learning is easy to understand, it is proven that 92 students answered strongly agree. It is recommended that all Physical Education Teachers at SMA Negeri 1 Takengon are expected to compile and complete the administration consisting of syllabus, RPP on athletics, especially javelin throwing and also further improve discipline, and be more responsible for the burden given to him so that in the future Its performance is further increased so that students in participating in javelin throwing learning are more excited and feel happy.

 

Keywords: perception, learning and javelinthrow



Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abdurrahman W. 2004. Psikologi Suatu Pengantar (Dalam Perspektif Islam). Jakarta : Predana Media

Abdurrahman, M. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Adisasmita. 2006. Buku Materi Pokok Atletik. Depdikbud. Universitas Terbuka: Jakarta.

Ahmadi, Abu. 2001. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Ahady dan Tasya Yahya. 1984 Olahraga Lari Berprestasi. PT. Pradya Paramita: Jakarta.

Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Yogyakarta: Rineka Cipta

Azhari, Akya S. 2004. Psikologi Umum dan Perkembangan. Bandung: Teraju.

Bruno, J. Frank. 2000. Istilah Kunci Psikologi. Jakarta: Kinesius

Dangsina. M dan Arjatmo T. 2004. Kesehatan dan olahraga. Jakarta : Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia

Djamarah, SB. 2000. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Djumidar. 2005. Dasar-dasar Atletik. Jakarta : Universitas Terbuka.

Hadi, Sutrisno. 1990. Metodologi reaserach. Yokyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada.

Hajar, Ibnu. 2009. Dasar-Dasar Metodologi Penelitian Kuantitatif dalam Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Hamalik, Oemar. 2005. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.

Harsono 1998. Coaching dan Aspek-Aspek Psikologis Dalam Coaching. Jakarta CV : Tambak Kusuma

Harsuki, 2003, Perkembangan Olahraga Terkini, PT. Raja Grafindo Persada: Jakarta.


Article Metrics

Abstract views: 20   PDF views: 14