MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GERAK DASAR MELALUI PENDEKATAN BERMAIN

Hendra Saputra

Abstract


Secara umum tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatan hasil belajar gerak dasar siswa melalui model pendekatan bermain ditinjau dari gerak dasar  (jalan lari dan lompat) bagi siswa kelas III SD Negeri Neuheun Kabupaten Aceh Besar. Selain itu, penelitian ini dilakukan untuk memperoleh informasi secara mendalam tentang penerapan model pembelajaran dengan pendekatan bermain pada pendidikan jasmani. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan (action research).  Subyek dalam penelitian ini adalah siswa  kelas III SD Neuheun Kapubaten Aceh Besar, yang berjumlah 22 orang. Penelitian ini dilakukan dengan enam kali pertemuan terdiri dari dua siklus, setiap siklus 3 kali pertemuan, siklus pertama yang direalisasikan melalui tindakan memberikan hasil kepada siswa, hasilnya nilai rata-rata siswa dalam pembelajaran gerak dasar (jalan,lari dan lompat) 61,59 atau 61%. Siklus ke dua yang direalisasikan melalui tindakan hasil refleksi dari siklus 1 memberikan hasil kepada siswa sesuai rencana dan model pembelajaran, hasilnya rata-rata 75.09 atau 75% siswa tuntas karena sudah mencapai bahkan sudah melebihi standar Ketuntasan belajar yang telah ditetapkan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) dengan model pendekatan bermain untuk gerak dasar (jalan, lari dan lompat) hasil belajar   siswa meningkat (2) dengan model pendekatan bermain siswa termotivasi serta aktif dalam mengikuti proses pembelajaran.

 

Kata Kunci: Belajar , Gerak Dasar, Bermain

Full Text:

PDF

References


Arikunto, “Prosedur Penelitian Suatu Yusmawati, Sinopsis Disertasi Pendekatan Pembelajaran Dan Koordinasi Mata Tangan Terhadap Hasil Belajar lempar tangkap bola jakarta; pps unj: 2012

Pendekatan Praktik”.Jakarta: Rineka Cipta, 2006

Aip Syarifuddin dan Muhadi, Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktoral Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.1992

Gagne Robert M. Et al, Principle Of Instructural Design, Chicago: Rinehart and Winston Inc.1995.

Pangrazi Robert P., Dynamic Physical Education For Elementary School Children. USA, Macmillan Publising Company: 2002.

Mayke s. Tedjasaputra. Bermain, Mainan, & Permainan.Jakarta: PT. Grasindo, 2001

Mayesty Mary, Creative Activities For Young Children 4th ed: Play, Development, And creativity. New york: Delmar Publishers Inc, 1990.


Article Metrics

Abstract views: 167   PDF views: 70