MODIFIKASI ALAT DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN TOLAK PELURU

Haris Suharyan, Widiastuti Widiastuti, Samsudin Samsudin

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan tolak peluru siswa SMAN 4 Pandeglang dalam muatan olahraga menggunakan modifikasi alat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan model Kemmis dan Mc. Taggart dengan 4 tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes keterampilan tolak peluru dan observasi. Hasil penelitian modifikasi alat dapat meningkatkan keterampilan tolak peluru siswa. Siswa yang lulus KKM tes keterampilan tolak peluru siswa tindakan siklus I adalah sebanyak 20 orang (56%) dari prasiklus hanya 8 orang (22%). Selanjutnya, hasil tes keterampilan tolak peluru pada siklus II adalah 30 orang (83%). Dengan demikian modifikasi alat dapat meningkatkan keterampilan tolak peluru siswa. 

Kata Kunci: Modifikasi alat, Keterampilan Tolak peluru, Penelitian Tindakan

 

Abstract

This study aims to determine the improvement of bullet skills of students of SMAN 4 Pandeglang in sports loads using tool modifications. This study uses the action research method model Kemmis and Mc. Taggart with 4 stages, namely the stages of planning, implementation, observation, and reflection. The instrument used in this study was a bullet resistance skill test and observation. The results of tool modification studies can improve student bullet resistance skills. Students who passed the KKM test of the bullet repulsion skills of the students in the first cycle were as many as 20 people (56%) from the pre-cycle only 8 people (22%). Furthermore, the results of the bullet rejecting skill test in the second cycle were 30 people (83%). Thus the modification of the tool can improve students' bullet resistance skills.

Keywords: Modification tools, Bullet Reject Skills, Action Research


Full Text:

PDF

References


Ariana Eka Puja Rahayu. (2013). Pengembangan Model Pembelajaran Tolak Peluru Gaya Ortodoks Melalui Modifikasi Alat Bantu Peluru Kayu Berwarna Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 11 Magelang. Semarang: UNNES, 2013.

Rusli Lutan. (2001). “Asas-asas Pendidikan Jasmani”, Jakarta: Direktorat Jenderal Olahraga. Depdiknas

Rusli Lutan dan Adang Suherman. (2000) Perencanaan Pembelajaran Penjaskes. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah

Sabiis. (2012). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Tolak Peluru Menggunakan Media Bola Plastik Pada Siswa Kelas V SD Negeri 01 Kertosari Kec. Ulujami Kab. Pemalang Tahun Pelajaran 2011/2012. Semarang: UNNES

Sumbara Hambali. 2013. Modifikasi Pembelajaran Penjas. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Yoyo Bahagia. (2008). Media dan Alat Pembelajaran. Surabaya, E-Lebrary

Widiastuti. (2015). Tes dan Pengukuran Olahraga. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Sumbara Hambali. (2013) Modifikasi Pembelajaran Penjas. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Baumfield, Vivienne. (2009). Action Research di Ruang Kelas, Jakarta: PT. Indeks, 2009

William Edwards, William H. (2010) Motor Learning and Control from Theory to Practice, California State University: Wadsworth


Article Metrics

Abstract views: 14   PDF views: 4