MODEL LATIHAN PASSING BOLA BASKET BERBASIS PERMAINAN UNTUK PEMULA TINGKAT SMP

Teguh Dwi Prasetya, Sudradjat Wiradihardja, Bambang Krida Suwarso, Widiastuti Widiastuti

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah untuk menciptakan model  latihan yang efektif dengan variasi permainan yang mengacu pada gerak dasar passing untuk atlet pemula untuk meningkatkan keterampilan teknik, sehingga atlet pemula dapat melakukan aktivitas gerak. Penelitian ini dilakukan untuk ank berusia 13 – 15 tahun. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian pengembangan (R & D) dengan model Borg dan Gall. Penelitian ini dilakukan pada bola basket ekstrakurikuler SMPN 7 Karawang, SMPN 5 Karawang, SMPN 2 Karawang. Berdasarkan dari hasilpenelitian ini ,  adalah untuk menguji efektifitas 20 item dari model latihan passing untuk atlet pemula skor rata-rata latihan bola basket adalah passing game yang diberikan berdasarkan model latihan adalah 77,87 berarti nilai rata-rata peningkatan. Pada uji signifikansi dengan SPPS 16 diperoleh hasil t-hitung p-value = 0,000 <0,05 yang berarti ada perbedaan yang signifikan dalam praktik passing basket sebelum dan sesudah menggunakan model latihan berbasis permainan.

 

Kata Kunci: Model Latihan, Permainan, Passing, Basket

 

Abstract

The purpose of this study was to create an effective model of exercise to process intelligence to improve technical skills, so that they could perform motion activities. This research was conducted for ank 13-15 years. The research method used in this study is the Research Development (R & D) method with Borg and Gall models. This research was conducted in extracurricular basketball baskets at SMP 7 Karawang, SMP 5 Karawang, SMP 2 Karawang. From the results of this study, was to issue the effectiveness of 20 items from the passing exercise model for beginner athletes. The average ball practice is the passing game given based on the exercise model is 77.87 average increase. In the significance test with SPPS 16, the results of t-count p-value = 0.000 <0.05, which means that there are significant differences in the practice of basket passing before and after using a game-based training model.

 

Keywords: Exercise Model, Game, Passing, Basketball


Full Text:

PDF

References


Burns, Brian and Dunning, Mark. Skills In Motion Basketball Step-by-Step. New York: Rosen Publishing. 2010.

Jahja, Yudrik. PsikologiPerkembangan. Jakarta: Prenanamedia Group. 2011.

Meredith D. Gall, Joyce P. Gall. Walter R. Borg, Eighth Edition Educational Research. USA. 2007.

Pranatha). Implementasi Kooperatif Tipe NHT Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Passing Bola Basket. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. Vol. 1 (1) 2017.

Tedjasaputra, Mayke S. Bermain, Mainan, danPermainan. Jakarta: Pt Grasindo. 2007.

Nathial, Mandeep Singh. Analysis of set shot in basketball in relation with time to perform the course and displacement of center of gravity,Journal sport Sciences Vol 2(5) spring 2014).

Edwards, William H. Motor Learning and Control:From Theory To Practice. USA:Wadsworth. 2010.

Fudyartanta, Ki. PsikologiPerkembangan. Yogyakarta:Pustaka Belajar. 2012.

Hakim, Lukmanul, Permainan bola basket. Bandung. 2008.

Hany Ahmed Ahmed Abd El-Aal “Effect of Educational Module on Basic Basketball Skills Performance in Junior of Basketball‘ Journal, Sport Sciences Vol.6 (4), spring 2012.

Jamaris, Maritis orientasi baru dalam psikologi Pendidikan (Jakarta:Yayasan Penamas Murni,2010),h.27.


Article Metrics

Abstract views: 19   PDF views: 8