EVALUASI MANAJEMEN PENGELOLAAN PELATIHAN KLUB OLAHRAGA ATLETIK NOMOR LARI, LEMPAR DAN LOMPAT BINAAN DISPORAPROVINSI ACEH
Abstract
Secara umum penelitian ini berTujuan untuk mengevaluasi manajemen pengelolaan pelatihan klub olahraga Atletik khususnya nomor lari, lempar dan lompat Binaan Dispora Aceh. Metode yang digunakan adalah deskriptif artinya merupakan hasil perolehan gambaran dari setiap subyek dalam pengelolaan klub olahraga Atletik khusus nomor lari, lempar dan lompat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:1) Mempermudah dalam pengelolaan/kepengurusan olahraga atletik khususnya nomor lari, lompat dan lempar yang ada di setiap Kabupaten/Kota, 2) Membuat suatu rancangan evaluasi manajemen pengelolaan pelatihan klub olahraga Atletik khususnya nomor lar, lompat dan lempar Binaan Dispora di Propinsi Aceh, termasuk semua Dispora yang ada di setiap Kabupaten/Kota yang menaungi untuk membina kegiatan olahraga Atletik. Hasil penelitian dan pembahasannya menunjukkan bahwa proses mengevaluasi manajemen pengelolaan pelatihan klub olahraga Atletik khususnya nomor lari, lempar dan lompat Binaan Dispora Acehterutama dalam perihal pengelolaan klub olahraga Atlet Atletik Aceh yang ada didaerah masih tergolong minim, hal ini dikarenakanproses manajemen, pengelolaan, proses perekrutan dan pembiayaan masih juga tergolong kurang/masih dalam tahapan pembenahan menuju kea rah yang lebih maju.
Kata Kunci: Evaluasi, Manajemen, Binaan, dan Atletik
Abstract
In general, this study aims to evaluate the management of Athletic sports club management, especially the numbers of running, throwing and jumping Assisted by the Aceh Dispora. The method used is descriptive meaning that is the result of obtaining an overview of each subject in the management of Athletic sports clubs specifically for the numbers of running, throwing and jumping. The results showed that: 1) Facilitating the management / management of athletic sports in particular the numbers of running, jumping and throwing in each district / city, 2) Making a design evaluation of management of Athletic sports club training in particular numbers of lar, jump and Dispora assisted throwing in Aceh Province, including all Dispora in each Regency / City that overshadow Athletic sports activities. The results of the study and discussion show that the process of evaluating the management of Athletic sports club training, especially the numbers of run, throw and jump in Aceh Dispora Assistance, especially in the management of Aceh Athletic Athletic sports clubs in the area is still relatively minimal, this is due to management, management, recruitment processes and financing is still classified as under / still in the stage of revamping towards more advanced.
Keywords:Evaluation, Management, Guided and Athletic
Full Text:
PDFReferences
Afriana, J., Permanasari, A., Fitriani, A. (2016). Penerapan Project Based Learning Terintegrasi STEM untuk Meningkatkan Literasi Sains SiswaDitinjau dari Gender. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA. 2(2), 202-212.
Astawa, N.L, Artini, L.P, & Nitiasih, P.K. (2017). Project Based Learning Activities and EFL Students’ Productive Skills in english. Journal of Language Teaching and Research, 8(6), 1147-1155.
Alghafri, Rashid,A.S. dan Salim,H.N.B. (2014). “The Effects of Integrating Creative and Critical Thinking on Schools Students Thinking”. International Journal of Science and Humanity, 4(6), 518-525.
Harsuki. (2003). Perkembangan Olahraga Terkini. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta
Harsono. (1988). Coaching dan Aspek-aspek Psikologis dalam Coaching. Jakarta. CV Tambak Kusuma.
ISORI. (1991). Buletin Ikatan Sarjana Olahraga Republik Indonesia Jakarta. ISORI, Indonesia
Yin, R. K. (2009). Case Study of Research. Design and Methods, 4. Ed. Thousand Oaks. California.
Sinaga, Dearlina. (2016). Penerapan Model Students Teams Achievment Division untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kreativitas Belajar Ekonomi. Cakrawala Pendidikan. Th. XXXV. No. 3.
W. Gulo. 2002. Implementasi pendidikan Karakter Kemandirian di Muhammadiyah Boarding School. Cakrawala Pendidikan, Juni 2016. Th. XXXV, No.2.
Article Metrics

