PENGEMBANGAN MODEL LATIHAN TEKNIK SERVIS BAWAH, SERVIS ATAS DAN CEKIS DALAM BOLAVOLI

Irfandi Irfandi, Sugiyanto Sugiyanto, Agus Kristiyanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menyusun berbagai macam draft desain model latihan teknik, serta menyusun dalam pembuatan produk awal, melaksanakan uji kelompok kecil, uji kelompok besar, dan melaksanakan uji efektivitas produk, sehingga memperoleh hasil berupa peningkatan kualitas latihan serta penguasaan teknik atlet, terutama servis atas, servis bawah dan cekis dalam permainan bolavoli pada atlet putri tingkat menengah (Intermediate) klub Bolavolli di Kota Sigli. Penelitian pengembangan atau yang lebih dikenal dengan research and development dilaksanakan di klub Bolavolli di Kota Sigli. Subyek penelitian yang digunakan adalah atlet putra tingkat menengah yang berjumlah 22 atlet dari Klub Bolavoli PLN Pidie, dan 22 atlet dari Klub Bolavoli Metro-Sigli dan Klub Bolavoli Corolla (Sigli Volleyball Club). Tahap uji kelompok kecil dilaksanakan di Klub Bolavoli PLN Pidie, kemudian dilanjutkan dengan uji kelompok besar yang dilaksanakan di Klub Bolavoli Metro-Sigli. Sedangkan pelaksanaan tahap uji efektivitas produk dilaksanakan di Klub Bolavoli Metro-Sigli dan Klub Bolavoli Corolla (Sigli Volleyball Club). Hasil penguasaan model latihan keterampilan teknik servis atas, servis bawah dan cekis yang diperoleh berdasarkan dari: 1) Rekapitulasi data hasil persentase quesioner dan validasi oleh sejumlah ahli yang diperoleh dengan rata-rata skor sebesar 67% dan 73%, dan itu termasuk pada kategori yang cukup valid, artinya produk model latihan keterampilan teknik servis atas, servis bawah dan cekis sehingga dapat digunakan dan diterapkan sebagai pedoman model latihan pada Klub Bolavolli atlet putri tingkat menengah (Intermediate). Data persentase hasil model yang diuji cobakan pada kelompok kecil diperoleh dari penguasaan model latihan keterampilan teknik atlet yakni sebesar 81,10%, yang berarti valid digunakan, dan kelompok besar diperoleh penguasaan model latihan teknik servis atas dan servis bawah dalam bolavolli adalah sebesar 85,34% artinya produk valid digunakan, sehingga dapat dimaknai jika model yang dikembangkan secara real mampu memberikan hasil, dan konstribusi yang sangat luar biasa akurat terutama dalam penguasaan model latihan teknik servis atas, servis bawah dan cekis dalam bolavoli. Dengan demikian, memaknai hasil pengembangan sosok model terhadap kelompok yang diberikan treatment, dalam hal ini terdapat suatu perbedaan yang signifikan antara kelompok sebelum diberikan treatment jika di bandingkan dengan kelompok setelah diberikan treatment. Berdasarkan data hasil pretest-postest atlet menunjukkan sejumlah hasil penguasaan terhadap model latihan keterampilan teknik adalah sebesar 62,27%, kemudian setelah dilaksanakan produk model (proses pemberian treatment) maka terjadinya efek peningkatan yang sangat signifikan terhadap penguasaan produk model latihan keterampilan teknik dengan memperoleh hasil sebesar 67,27%.

 

Kata Kunci: Desain Model Latihan, Bolavolli, Servis Atas, Servis Bawah, Cekis, Treatment, Dan Penelitian Pengembangan Atau R And D.


Full Text:

PDF

References


Ardana. Wayan. 2002. Konsep Penelitian Pengembangan dalam Bidang Pendidikan dan Pembelajaran. Malang: Universitas Negeri Malang

Bompa, Tudor O. 1999. Periodization training for sport. Auckland New Zealand: Champaign Human Illinois

Borg, Walter & M.D Gall. 1983. Educational Research An Introduction. New York: Longman.

Budiwanto. S. Human Kinetics. 2004. Pengetahuan Dasar Melatih Olahraga. Malang: Jurusan Ilmu Keolahragaan FIP UM Universitas Negeri Malang

Drowatzky, John N. 1981. Motor Learning Principles and Practices. Minnesota: Burgess Publishing Company.

FIVB. 2011. Coaches Manual. , (Online), (http//www.fivb.org diakses 20 Desember 2011).

Fox, Edward. 1983. Sports Physiology. Ohio: The Ohio State University.

Fox, Edward L, Bowers, Richard W, Foss, Merle L. 1993. The Physiological Basis For Exercises and Sport Iowa:Madison Winconsin Dubuque.

Hadi, S. 2000. Statistik Jilid I. Yogyakarta: BPFE.

Harsono, 1988. Coaching dan Aspek-Aspek dalam Coaching. Jakarta: P2LPTK.

Ibrahim. 1982. Media Instruksional. Malang: Sub Proyek Penulisan Buku Pelajaran Proyek Peningkatan Perguruan Tinggi

Isaac, Stephen., Michael, William B. 1981. Handbook in Research and Evaluation. San diego: Edits Publishers.

Kadir, Abdul dan Triwahyuni, Terra CH. 2003. Pengenalan Teknologi Informasi. Yogyakarta. Penerbit ANDI.

Maksum, Ali. 2009. Metodologi Penelitian Dalam Olahraga. Surabaya: Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Surabaya.

Moleong, J. L. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

.2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

PBVSI. 2005. Peraturan Permainan Bolavoli. Jakarta: Pengurus PBVSI pusat.

Raharjo, Budi. 2002. Memahami Teknologi Informasi.Jakarta: PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.

Roesdiyanto, 1989. Pengajaran Teknik dan Taktik Bermain Bolavoli. Malang. IKIP Malang.

Sadirman, Arief S. Dkk. 2002. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sudjana. 1990. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung. Remaja Resdakarya.

Sudijono, Anas. 1987. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: CV Rajawali.

Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Suharno. 1992. Pedoman Pelatihan Bolavoli. Gresik: PBVSI.

Suryabrata, Sumadi. 1997. Metodologi Penelitian. Yogyakarta. PT Raja Grapindo Persada.

Wehmeier, Sally. 2005. Oxford Anvanced Learner’s Dictionary. New York. Oxford University.

Winarno, M E. 2007. Metodologi Penelitian dalam Pendidikan Jasmani. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

.2006. Tes Keterampilan Olahraga. Malang: Laboratorium Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang.

Wiyono, B. B. 2007. Metodologi Penelitian (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Action Research). Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan UM.

Verducci, Frank M. 1980. Measurements Concepts in Physical Education. St. Louis: The C.V. Mosby Company.


Article Metrics

Abstract views: 513   PDF views: 222