PROFIL STRATA PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN JASMANI DI SD NEGERI SE KABUPATEN ACEH SELATAN

Dadi Dartija

Abstract


Keberhasilan kinerja guru sangat ditentukan oleh strata pendidikan, pembelajaran pendidikan jasmani di SD Negeri se Kabupaten Aceh Selatan secara keseluruhan yang belum berjalan maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat strata pendidikan guru pendidikan jasmani di SD Negeri se Kabupaten Aceh Selatan dengan jumlah sampel 38 sekolah. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian survei. Sedangkan instrumen penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data adalah menggunakan teknik dokumentasi dan wawancara (interview). Data dianalisis dengan mentabulasi hasil dokumentasi ke dalam tabel dan grafik untuk mengetahui strata pendidikan guru pendidikan jasmani di SD Negeri se Kabupaten Aceh Selatan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strata pendidikan guru pendidikan jasmani di Kabupaten Aceh Selatan masih bervariasi diantaranya berpendidikan Sarjana dan Diploma.

 

Kata Kunci : Profil, Strata Pendidikan, Guru, Pendidikan Jasmani.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Danim, Sudarwan. (2010). Karya Tulis Inovatif Sebuah Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Djamarah, Syaiful. B. (2000). Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Ibrahim. Rusli. (2000). Peranan dan Tanggung Jawab Guru. http//;www.google.co.id.

Lutan. R. (2001). Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.

Hamalik, Oemar. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

_____________. (2002). Profil Guru. Bandung: Tarsito.

Mulyasa, E. (2005). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Saud, Udin Saefudin. (2009). Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta.


Article Metrics

Abstract views: 164   PDF views: 72