HUBUNGAN KONSEP DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI SISWA MADRASAH TSANAWIAH SWASTA KEUTAPANG DUA KELAS VIII TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Tuti Sarwita, Rizqa Rizqa

Abstract


Pestasi belajar pendidikan jasmani dipengaruhi oleh faktor fisiologis yaitu keadaan/kondisi fisik yang dalam hal ini adalah kebugaran jasmani dan faktor psikologis yang didalamnya terdapat aspek konsep diri. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan konsep diri dengan prestasi belajar pendidikan jasmani siswa Madrasah Tsanawiah Swasta Ketapang Dua Kelas VIII Tahun Pelajaran 2014/2015. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Madrasah Tsanawiah Swasta Keutapang Dua Kelas VIII Tahun Pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 169 siswa. berdasarkan acuan pengambilan sampel 10% dari jumlah populasi maka didapat sampel 25 siswa. dari hasil analisis data yang dapat diperoleh hasil penelitian, koefisien korelasi konsep diri (x1) dengan  prestasi belajar pendidikan jasmani (y) siswa sebesar 0,67 dengan rhitung> rtabel (0,67 > 0,396) sehingga terdapat hubungan x1 dengan y. dari penghitungan pengujian hipotesis diperoleh fhitung=8,320 sedangkan nilai ftabel=1,174 yang artinya fhitung = 8,320 > dari nilai ftabel=1,174 (fhitung lebih besar dari ftabel). berarti hipotesis yang penulis ajukan diterima kebenarannya. dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan Konsep Diri dengan  prestasi belajar Pendidikan Jasmani Siswa Madrasah Tsanawiah Swasta Keutapang Dua Kelas VIII Tahun Pelajaran 2014/2015 dengan tingkat hubungan yang sedang.

 Kata Kunci: Konsep Diri,Prestasi Belajar


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Pendekatan Suatu Praktek Edisi Revisi V. Jakarta : Rineka Cipta.

Entjang, Indan. (1993) Ilmu Kesehatan Masyarakat. Bandung : PT. Citra Aditya Bakti.

Giriwijoyo, Santoso. (2006). Ilmu Faal Olahraga, Bandung : FPOK.

------------------------.(2007). Ilmu Kesehatan Olahraga(SportMedicine), Bandung: FPOK.

Glaeser, Barbara C. (2002). Self-concept: differences among adolescents by gender. Journal of Instructional Psychology.

Ibrahim, Rusli. (2001). Landasan Psikologi Jasmanidi Sekolah Dasar, Jakarta: Direktorat Jendral Olahraga, Depdiknas.

Imanudin, Iman. (2008), Keterkaitan Antara Motor Educability, Kebugaran Jasmani, dan Prestasi Belajar dengan Penguasaan Teknik Dasar Sepak Bola Pada Anak Sekolah Dasar. Bandung: Tesis SPSUPI.

Isparjadi. (1989). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: P2LPTK.

Lutan,Rusli,dkk. (2001),Pendidikan Kebugaran Jasmani: Orientasi Pembinnandi Sepanjang hayat, Jakarta: Direktorat Jendral Olahraga Depdiknas RI.

Muhibbin Syah. (2010). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Ma’mun,Amung dan Mahendra, Agus. (1996). Teori Belajar Motorik.Bandung: FPOKIKIPBandung.

Notoatmodjo,Soekidjo. (2003),Pendidikan dan Perilaku Kesehatan, Jakarta: RinekaCipta

Nurhasan, dkk. (2002), Pengembangan Sistem Pembelajaran Modul Mata Kuliah Stastik Ilmu, Bandung; FPOK.

Pudjijogyanti, Clara. R. (1995). Konsep Diri Dalam Pendidikan. Jakarta: Arcan.

Rola. (2006), Communication Technology, New York: Free Press. Lievrouw, L. A., & Livistone, S.

(Eds.)

Singarimbun dan Effendi. (1995). Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor – Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka.

Sobur,Alex. (2011). Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia.

Surakhmad, W. (1998).Pengantar Penelitian Ilmiah Dasar Metode Teknik. Bandung: Angkasa.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kualitatif kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

.

Sudjana. (1991). Pengantar Statistika Inferensial. Tarsito: Bandung.

Syah, Muhibbin. (2010). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung : Remaja Rosdakary.

Tu'u, Tulus. (2004). Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo.

Yusuf, S, &Nurihsan, J. (2008). Landasan Bimbingan Dan Konseling. Bandung.

Wahjoedi, (2001), Landasan Evaluasi Pendidikan Jasmani, PT. Rajagrafindo Persada, Jakarta.


Article Metrics

Abstract views: 228   PDF views: 57