ANALISIS KESULITAN DALAM PEMBELAJARAN PENJAS PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH YAYASAN PENYANTUN PENYANDANG CACAT (YPPC) KOTA BANDA ACEH

Hazal Fitri

Abstract


Penelitian ini berjudul“Analisis Kesulitan dalam Pembelajaran Penjas pada Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Yayasan Penyantun Penyandang Cacat (YPPC) Kota Banda Aceh 2016-2017”. Objek penelitian ini adalah kesulitan dalam pembelajaran penjas di sekolah Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Responden penelitian ini berjumlah enam orang. Metode pengumpulan data yang di gunakan penulis yaitu wawancara dan studi dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang di lakukan, Anak berkebutuhan khusus yang berada disekolah Yayasan Penyantun Penyandang Cacat Labui memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan yang telah dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa kesulitan yang dirasakan guru penjas di sekolah Yayasan Penyantun Penyandang Cacat (YPPC) labui yaitu kesulitan dalam menyampaikan materi pembelajaran penjas, kesulitan dalam praktek olahraga, dan kesulitan dalam komunikasi.

 Kata Kunci : Pembelajaran Penjas, Pada Anak Berkebutuhan Khusus


Full Text:

PDF

References


Delphie, Bandi. 2006. Pembelajaran Anak Tunagrahita. Bandung: Refika Aditama.

Dukes, Chris dan Maggie Smith. 2009. Cara Menangani Anak Berkebutuhan Khusus-Panduan Guru dan Orang Tua. Jakarta: Indeks.

Johnsen, H Berit. 2003. Pendidikan Kebutuhan Khusus. Bandung: Unipub.

Asrori, Mohammad. 2008. Psikologi Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima. Cet. II.

Sugiyono. 2008. MetodePenelitianKuantitatifKualitatif,dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Arikunto. 2002. ProsedurPenelitianSuatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Neong, Muhajir. 1996. MetodePenelitianKualiitatif. Yogyakarta: Rake Sarasia.

Usman. 2005. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja.


Article Metrics

Abstract views: 239   PDF views: 135