PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL LEMPAR KALENG TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK ANAK KELOMPOK B TK AL-IKHLAS LAMLHOM LHOKNGA ACEH BESAR

Zikrur Rahmat

Abstract


This study aimed to determine the effect of the traditional games lemparkaleng against the child's motor ability in group B TK Al-Ikhlas Lamlhom Lhoknga in Aceh Besar. The approach used quantitative research pre-experimental design with pre-test and post test one group with data collection techniques in this study using purposive sampling with a total sample of 19 children. Values of correlation between the two variables of 0.872 and a significance value <0.05 indicates a strong positive correlation. Meanwhile, paired sample t test results obtained by value t count equal to -44 835, while the value of t table at a significance level of 5%, and N-1 (19-1) = 18 is equal to -2.101. These results indicate that the t-test values obtained in this study is greater than the value of t table (-44 835 <-2.101) as well as significant. Thus the researchers conclude that there is influence of the traditional game of throwing cans on the child's motor ability in group B TK Al-Ikhlas Lamlhom Aceh Besar.

Keywords: Traditional Games, Throw cans, Motor Children

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan tradisional lempar kalengterhadap kemampuan motorik anak kelompok B di TK Al-Ikhlas Lamlhom Lhoknga Aceh Besar. Pendekatan yang digunakan penelitian kuantitatif pra-eksperimen dengan desain pre test dan post test one group dengan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan purposive sampel dengan jumlah sampel sebanyak 19 orang anak. Nilai korelasi antara kedua variabel sebesar 0,872 dan nilai signifikansi < 0,05 menunjukkan terdapat korelasi yang positif kuat. Sementara itu, dari hasil uji paired sample t diperoleh nilai t hitung sebesar  -44.835, sedangkan nilai t tabel dengan taraf signifikansi 5% dan N-1 (19-1) = 18 adalah sebesar -2,101. Hasil tersebut menunjukkan bahwa nilai t-test yang diperoleh  dalam penelitian ini adalah lebih besar daripada nilai -t tabel (-44.835< -2,101) serta signifikan. Dengan demikian peneliti dapat menyimpulkan bahwa ada pengaruh permainan tradisional lempar kaleng terhadap kemampuan motorik anak kelompok B di TK Al-Ikhlas Lamlhom Aceh Besar.

Kata Kunci: Permainan Tradisional, Lempar Kaleng, Motorik Anak


Full Text:

PDF

References


Creswell, John W. 2010. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed.Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Dimyati, Johni. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan Dan Aplikasinya pada Pendidikan Anak Usia Dini(PAUD).Jakarta:Kencana Pranada Media Group.

Decaprio,Richard.2013.Apikasi Teori Pembelajaran Motorik Disekolah. Jogjakarta: Diva Press (Anggota IKAPI).

Depdiknas. (2007). Pedoman Pengembangan Fisik/Motorik di Taman Kanakkanak. Jakarta.

Dini P dan Daeng Sari. (1996). Metode Pengajaran di TK. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Direktorat Pendidikan Anak Dini Usia. (2003). Alat Permainan Edukatif untuk Kelompok Bermain. Jakarta : Depdiknas.

Endang Rini Sukanti. (2007). Diktat Perkembangan Motorik. Yogyakarta: FIK UNY.

Fadlillah, M dan Khorida, Lilif Mualifatu. 2012. Pendidikan Karakter Anak usia Dini. Jogyakarta: Ar-Ruzz

Rachmawati, Yeni.Dkk.2012.Strategi Pengembangan Kreatifitas Pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak.Jakarta:Kencana Predana Media Group.

Samsuddin, 2008.Pembelajaran Motorik di Taman Kanak-kanak,Jakarta: Litera

Subana, M. Dan Sudrajat. (2005). Dasar-Dasar Penelitian Ilmiah. Bandung:CV Pustaka Pelajar.

Sugianto, Mayke. (1995). Bermain, Mainan dan Permainan. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti

Sugiyono, 2010. Metode Penelitian pendekatan Kualitatif-Kuantitatif R&D Bandung: Alfabet.

Suharsimi, A. 2010. Prosedur Penelitian Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.


Article Metrics

Abstract views: 288   PDF views: 212