PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PERMAINAN BOLA BASKET UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Munzir Munzir, Nyak Amir, Hajidin Hajidin

Abstract


Melalui observasi peneliti lakukan pada tanggal 08 Januari 2016, di sekolah SMP Negeri 18 Banda Aceh, terlihat kurang aktif peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan jasmani pada materi  bola basket. Kurang aktifnya dikarenakan bahan ajar yang tidak sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan peserta didik dalam bahan ajar dengan terutama materi basket,metode penggunaan dan peralatan yang masih kurang tertuang dalam bahan ajar,sehingga tujuan pembelajaran tidak tercapai, dalam proses pembelajaran bola basket yang penulis dapatkan pada materi basket yang sudah dikenal siswa sejak sekolah dasar. Berdasarkan permasalahan tersebut maka penulis mengembangkan bahan ajar permainan yang menyenangkan siswa melalui gerak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar dalam pembelajaran bola basket yang menyenangkan. Jenis penelitian ini ialah penelitian pengembangan dan sampel 20 orang siswa. Data yang telah dikumpulkan dan dianalisis baik secara  kuantitatif maupun kulitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh yang tercantum pada bagian analisis dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa bahan ajar permainan bola basket untuk siswa SMP Negeri 18 Banda Aceh memberikan hasil bahan ajar yang handal dan dipercaya untuk bahan ajar siswa tingkat menengah dengan Validitas 0,65. Reliabilitas 0,60. Dapat digunakan sebagai bahan ajar permainan bola basket untuk sekolah menengah pertama.

 

Kata Kunci: pengembangan, bahan ajar, permainan, bola basket

 

Abstract

Through observation the researchers did on January 8, 2016, in the school SMPN 18 Banda Aceh, was less active learners in the learning of physical education in the matter basketball. Less active due to instructional materials that do not correspond with the growth and development of learners in teaching materials materials basketball, method of use and the equipment is still lacking contained in teaching materials, so that the learning objectives are not achieved, the process of learning basketball writer get the material basketball has been known since elementary school student. Based on these problems, the authors developed a fun game teaching materials students through motion. The purpose of this study was to develop teaching materials in learning basketball fun. This type of research is the development of research and a sample of 20 students. The data have been collected and analyzed both quantitative and qualitative. Based on the research results obtained are listed in the analysis and discussion, it can be concluded that the game of basketball instructional materials for students of SMP Negeri 18 Banda Aceh provides reliable results instructional materials and teaching materials are believed to secondary level students with a validity of 0.65. Reliability 0.60. Can be used as teaching materials basketball game for the junior high school.

 

Keywords: development, instructional materials, games, basketball

Full Text:

PDF

References


Amir, Nyak. (2006). Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Banda Aceh: Syiah Kuala University Press.

__________ (2010). Psikologi Olahraga. Aceh: CV. Marzalia Press.

__________(2010). Pengukuran dan Evaluasi Kinerja Olahraga Suatu Pendekatan Praktis. Banda Aceh: Syiah Kuala University Press.

Arikunto, S. (1991). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: PT. Bina Aksara.

Bennet, L. Bruce, Mawell L. Howel, Uriel Simri. (1983). Comparative Physical Education and Sport. Philadelphia: Lea & Febiger.

Daryanto, (2007). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Departemen P&K, (1984). Pelajaran Bahasa Indonesia. Pendidiakan Luar Sekolah Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Hafid, Anwar.,Jafar, A dan Pendais, H. (2013). Konsep Dasar Ilmu Pendidikan. Bandung: ALFABETA.

Harjanto, (2008). Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Husdarta, H.J.S. (2010). Psikologi Olahraga. Bandung: ALFABETA.

Joyce, Bruce, et al. (1996). Model of Teaching. Boston: Allyn and Bacon.

Khomsin. (2000). Paradigma Baru Pendidikan Jasmani di Indonesia dalam Era Reformasi. Jakarta: Makalah disampaikan dalam Konvensi Pendidikan Jasmani Nasional.

Kurniadi, Deni dan Suro P. (2010). Penjas Orkes (Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Untuk Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah Kleas IV. Solo: CV Thursina.

Mutohir, Toho Cholik. (2002). Gagasan-Gagasan Tentang Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Surabaya: Unesa Press.

Richey, Rita C. (1986). The Theoritical and Conceptual Bases of Instructional Design. New York: Nichols Publishing Company.

Riduwan. (2011). Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Rojai dan Romadhon, R.S. (2013). Panduan Sertifikasi Guru Berdasarkan Undang-Undang Guru dan Dosen. Jakarta: Dunia Cerdas.

Sugiyono, (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Suhar. (2009). Filsafat Umum Konsepsi, Sejarah dan Aliran. Jakarta: Gaung Persada Press.

Sukintaka. (2004). Filosofi, Pembelajaran dan Masa Depan Teori Pendidikan Jasmani. Bandung: Nuansa.

Sumarno, Alim. (2012). Perbedaan penelitian dan Pengembangan. Di unduh pada 31 Maret 2012 dari http://elearning.unesa.ac.id/myblog/alim sumarno/perbedaan-penelitian-dan-pengembangan.

Supriadi, D. (1998). Mengangkat Citra dan Martabat Guru. Yogyakarta: Adicita Karya Nusantara.

Syaefudin, Udin., Syamsuddin, Abin. (2005). Perencanaan Pendidikan Pendekatan Komprehensif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Syarifuddin, A. (1997). Panduan Guru Pendidikan Jasmani dan Kesehatan SLTP. Jakarta: Grasindo.

Tim Pengembang MKDP. (2013). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Trianto. (2007). Model Pembelajaran Terpadu Dalam Teori dan Praktek. Surabaya: Pustaka Ilmu.

Uno, Hamzah B. (2009). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: PT Bumi Aksara.


Article Metrics

Abstract views: 31   PDF views: 242